EFEKTIVITAS MODEL PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS NEGERI HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Mukhaira, - (2013) EFEKTIVITAS MODEL PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS NEGERI HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409141062 COVER.pdf]
Preview
Text
409141062 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409141062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409141062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409141062 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 DAFTRA ISI.pdf]
Preview
Text
409141062 DAFTRA ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409141062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409141062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409141062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 BAB I.pdf]
Preview
Text
409141062 BAB I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 BAB V.pdf]
Preview
Text
409141062 BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 409141062 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409141062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hasil nilai ketercapaian aktivitas keterampilan proses sains siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup dengan menggunakan model pendekatan Guided Discovery pada siswa kelas VII MTs Negeri Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2012/2013.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 1 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling (sampel bertujuan). Penelitian ini bersifat deskriptif, jadi dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif. Instrumen penelitian ini terdiri atas 2 aspek penilaian. Pertama, penilaian keterampilan proses sains mencakup Lembar penilaian yaitu memuat tabel pernyataan mengenai jenis-jenis keterampilan proses sains yang diharapkan muncul antara lain observasi, mengukur/menghitung, mencari hubungan antar ruang dan waktu, merumuskan hipotesis, mengiterpretasikan data, membuat kesimpulan, dan penerapan/aplikasi. Masing-masing dari jenis penelitian ini terdapat 4 deskriptor penilaian. Kedua, penilaian pemahaman konsep atau hasil belajar yaitu sebanyak 30 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan pemberian skor satu untuk jawaban yang benar dan skor nol untuk jawaban yang salah.Berdasarkan hasil analisis data, secara deskriptif dapat digambarkan bahwa untuk nilai aktivitas keterampilan proses sains secara klasikal telah tercapai dengan persentase 77,41% termasuk dalam kategori aktif. Sedangkan pemahaman konsep atau hasil belajar dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai dengan persentase 80,64%, penguasaan materi siswa secara klasikal telah terpenuhi dengan persentase 80,64% kategori tinggi, dan ketuntasan pencapaian TPK telah tercapai dengan persentase 75,66% telah tuntas. Dengan hasil analisis data ini, dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan Guided Discovery terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa pada sub materi pokok klasifikasi makhluk hidup di kelas VII MTs Negeri Hamparan Perak adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 578.012 071 2 Muk e
Keywords: Klasifikasi; Mahluk hidup; Klasifikasi lima kingdom; Kingdom monira; Kingdom protista; Kingdom fungi; Kingdom plantae; Kingdom animalia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11095

Actions (login required)

View Item
View Item