Sembiring, Devira Nike Gracia (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADASUB MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VIISMP RK DELI MURNI SUKA MAJUT.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
10. BAB V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
12. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kontekstual pada sub materi pokok ekosistem di kelas VII SMP RK Deli Murni Suka Maju Tahun Pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 1 kelas berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kontekstual dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok ekosistem di kelas VII SMP RK Deli Murni Suka Maju T.P.2012/2013. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini berupa tes hasil belajar sebanyak 30 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 64,95 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 77,1% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa sebesar 75,62 dengan ketuntasan hasil belajar siswa 88,6%. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kontekstual ini meningkat dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan rata-rata tes hasil belajar sebesar 10,67 dan peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 11,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577 107 12 /Sem /p |
Keywords: | PEMIKIRAN TENTANG BELAJAR ; UTAMA BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; PENELITIAN TINDAKAN KELAS ;PENDEKATAN KONTEKSTUAL ; MATERI PELAJARAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11056 |