Hairani, Sri Dini (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141092. COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409141092. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
409141092. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
40914109. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
409141092. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141092. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141092.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409141092. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141092. BAB I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
409141092. BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409141092.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, ketuntasan belajar, ketercapaian indikator siswa dan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make a Match (MAM) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X unggulan SMA Negeri 1 Sidamanik yang berjumlah 76 siswa dan sampel diambil secara total sampling (sampel keseluruhan). Dimana kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Think-Pair-Share (TPS) dengan jumlah 38 orang dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Make a Match (MAM) dengan jumlah 38 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 76 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TPS sebesar 74,68 sedangkan untuk kelas MAM sebesar 80,36. Tingkat ketuntasan siswa di TPS dengan daya serap ≥ 65% mencapai 92,1 % sedangkan kelas MAM mencapai 100%. Dengan ketuntasan klasikal kedua kelas mencapai 100%. Tingkat ketercapaian indikator untuk kelas TPS mencapai 4 indikator dari 8 indikator sedangkan kelas MAM mencapai 8 indikator dari 8 indikator. Dan aktivitas belajar siswa pada kelas MAM lebih aktif dibandingkan kelas TPS. Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MAM) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,909> 1,996), yang berarti dalam penelitian ini maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MAM) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Kooperatif Tipe TPS; Model Pembelajaran MAM; Mata Pelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11033 |