Lubis, Faisal Asri (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BABALAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409341020 COVER.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
409341020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
409341020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
409341020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409341020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
409341020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409341020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
409341020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
409341020 BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
409341020 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409341020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
409341020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar biologi materi pencemaran lingkungan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Babalan yang berjumlah tujuh kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster sampling, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas X3 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas Eksperimen diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran metode ceramah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 81,481 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 77,778. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Asr p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Keterampilan Berpikir; Keterampilan Pemecahan Masalah; Pencemaran Dan Perubahan Lingkungan |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11026 |