Ningtyas, Fathia Ayu (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (TEMAN SEBAYA) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP SWASTA MELATI BINJAI T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311014 COVER.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
409311014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409311014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
409311014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
409311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
409311014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
409311014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
409311014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
409311014 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
409311014 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409311014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah komunikasi matematika siswa yang belajardengan pembelajaran kooperatif tipe SFAE (Student Facilitator And Explaining)lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional padamateri Operasi Hitung Bentuk Aljabar di kelas VIII SMP Swasta Melati Binjai.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP SwastaMelati Binjai yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalampenelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-A yang merupakan kelas kontrol sebanyak 32 orang dan kelas VIII-B yang merupakan kelas eksperimen sebanyak 32 orang. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE (Student Facilitator And Explaining) dan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 3 soal dan telah dinyatakanvalid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 50,031 dan simpangan baku pretest 18,322 sedangkan nilai rata-rata posttest 70,188 dan simpangan baku posttest 13,895. Pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 46,750 dan simpangan baku pretest 19,629 sedangkan nilai rata-rata posttest 63,813 dan simpangan baku posttest 15,403. Dari analisis data posttestdengan menggunakan uji-t pada taraf  = 0,05 diperoleh thitung = 1,738 dan ttabel =1,67 yang ternyata thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE(Student Facilitator And Explaining) lebih baik dibandingkan dengan kemampuankomunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan modelpembelajaran Konvensional pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di kelasVIII SMP Swasta Melati Binjai. Dengan demikian berarti ada pengaruh positifdan berarti antara model pembelajaran kooperatif tipe SFAE (Student Facilitator And Explaining) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Nin p |
Keywords: | Komunikasi; Komunikasi Matematika; Pembelajaran Kooperatif; tipe SFAE; Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11004 |