Wahyuni, Sri (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP N 2 PERCUT SEI TUAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311053 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
409311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409311053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
409311053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
409311053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409311053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
409311053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
409311053 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
409311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409311053 BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409311053 BAB V.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
409311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan denganmenggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada materi Sistem PersamaanLinier Dua Variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 38 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Percut SeiTuan Tahun Ajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tesdan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran mind mapping siswa yang mencapai ketuntasan belajar ada 5 orang siswa 13,2% dengan rata-rata kelas 43,9. Hasil analisis data pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar ada 29 orang siswa (76,3%) dengan rata-rata kelas 78,26. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar ada 34 orang siswa (89,5%) dengan rata-rata 84,21. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajarklasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping, kemampuan pemecahan masalah siswa dapat meningkat. Saran yang diajukan yaitu memperhatikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan melibatkan siswa dalam pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran mind mapping sebagai salah satu alternatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Wah m |
Keywords: | Masalah Dalam Matematika; Kemampuan; Alat Evaluasi; Model Pembelajaran; Mind Mapping Dalam Matematika; Sistem Persamaan Linier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10997 |