Siregar, Ronny Esron (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI DAN CRH MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104131012 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4104131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4104131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4104131012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4104131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
4104131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4104131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
4104131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
4104131012 BAB I.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4104131012 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4104131012 DAFATR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan CRH dengan menggunakan media flash card pada pokok bahasan tata nama dan persamaan reaksi kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposif sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yaitu kelas X-2 dan sebagai kelas eksperimen I dan kelas X-3 sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I berjumlah 31 orang dan kelas eksperimen II berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe TAI dengan media flash card dan kelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan model pembelajaran koperatif tipe CRH dengan media flash card. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 28,71 dan nilai rata-rata postest adalah 71,94 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II adalah 33,75 dan nilai rata-rata postest adalah 70,31. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen I diperoleh 0,6 dan nilai rata-rata gain untuk kelas eksperimen II dalah 0,5. Uji normalitas pretest kelas eksperimen I diperoleh x2hitung = 4,519 danχ 2tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ2 = 6,476 dan danχ 2tabel = 11,07. Uji normalitas pretest kelas eksperimen II diperoleh danχ 2hitung = 3,924 dan χ 2tabel = 11,07, untuk postest diperoleh χ 2hitung = 8,609 dan danχ 2tabel = 11,07. Sehingga χ 2hitung < χ 2tabel maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, untuk pretest diperoleh Fhitung = 1,505 dan Ftabel = 1,821, untuk postest diperoleh Fhitung = 1,172 dan Ftabel = 1,803, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel homogen. Hasil uji t diperoleh thitung= 11,726 dan ttabel = 1,653, sehingga thitung > ttabel yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan CRH dengan menggunakan media flash card.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 71 Sir p |
Keywords: | Belajar Kimia; Model Mengajar; Media Pembelajaran; Permainan Kartu Domino; Hidro Karbon; Analisis Materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10989 |