Sinuhaji, Debora J. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCURBATU T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111017 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
409111017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409111017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
409111017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
409111017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409111017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
409111017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (3kB) | Preview
409111017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
409111017 BAB I.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
409111017 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
409111017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap komunikasi matematika siswa pada materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2013/2014, untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan dengan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 35 orang siswa. Kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu. Sebelum perlakuan diberikan pretes kepada kedua kelas kemudian diberikan perlakuan dengan model pembelajaran yang berbeda dan diakhir diberikan postes. Dalam penelitian ini alat pengumpul data yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk uraian yang masing-masing tes terdiri dari 3 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli dan berdasarkan ujicoba kepada non sampel penelitian. Dalam pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas tes dengan uji Liliefors dan uji homogenitas tes dengan uji F. Berdasarkan pengujian diperoleh bahwa kedua sampel homogen dan sebaran datanya berdistribusi normal. Dari hasil analisa data postes kemampuan komunikasi matematika dengan menggunakan taraf uji-t α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,9973 dan thitung = 3,389 , terlihat bahwa thitung tidak berada pada interval ttabel, hal ini tidak memenuhi kriteria ttabel > thitung yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap komunikasi matematika siswa pada materi pertidaksamaan linier satu variabel kelas VII SMP Negeri 1 Pancurbatu T.A. 2013/2014.Saran yang dapat diberikan peneliti yakni model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) cocok digunakan sebagai metode mengajar dengan penggunaan waktu yang efisien dan sesuai untuk materi pertidaksamaan linier satu variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sin p |
Keywords: | Belajar; Matematika; Komunikasi Matematika; TPS; Model Pembelajaran Langsung; Pertidaksamaan Linier Satu Variabel |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10979 |