Amalia, Sisti Nadia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111047_Cover.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101111047_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4101111047_Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4101111047_Abstrak.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101111047_Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4101111047_Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101111047_Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101111047_Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4101111047_BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4101111047_BAB I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
4101111047_Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4101111047_Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas XI Elkom SMK Swasta Melati Perbaungan yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan penalaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Barisan dan Deret di kelas XI SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Perbedaan perlakuan pada siklus I dan siklus II terletak pada tahap membimbing penyelidikan. Pada siklus I dibimbing secara individu, sedangkan siklus II dibimbing secara individu dan kelompok. Setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan penalaran sebanyak 4 soal.Dari hasil tes awal diketahui rata-rata kemampuan penalaran siswa 45,59 dengan presentase siswa yang telah mencapai nilai KKM sebesar 17,65% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 60,29 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 52,94% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan penalaran matematika siswa meningkat menjadi 76,10 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 88,24% dari jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penalaran siswa kelas XI Elkom SMK Swasta Melati Perbaungan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.930 71 Ama p |
Keywords: | Belajar; Belajar Matematika; Hasil Belajar Siswa; Kemampuan Penalaran; Problem Based Learning; Materi Barisan dan Deret |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10952 |