Matondang, Silvia Elastari (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROSES ORIENTASI INKUIRI TERBIMBING (POGIL) DENGAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431034 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409431034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
409431034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
409431034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
409431034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409431034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
409431034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
409431034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
409431034 BAB I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
409431034 BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
409431034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran POGIL dengan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA Negeri 1 Batang Angkola. Strategi pembelajaran Proses Orientasi Inkuiri Terbimbing merupakan suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis dan analitis, sehingga mereka dapat merumuskan sendiripenemuannya dengan penuh percaya diri.Dengan menerapkan strategi pembelajaran POGIL dengan Media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi sebesar 78% lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran konvensional sebesar 64%. Maka peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14%. Analisa statistik menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran POGIL dengan media powerpoint lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional (pengujian hipotesis dengan uji t satu pihak/pihak kanan) diperoleh harga thitung > ttabel atau 7,269 >1,672 dengan taraf signifikan 5% (α= 0,05)Berdasarkan keberhasilan pengajaran menggunakan strategi pembelajaranPOGIL dengan media powerpoint maka perlu diaplikasikan lebih lanjut dalampengajaran materi kimia atau mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Mat p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran POGIL; Tingkatan-tingkatan; Konvensional; Media; Laju Reaksi; Persamaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10937 |