Nasution, Rizka Hasmi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS XI SEMESTER GENAP SMA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321044 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409321044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
409321044 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409321044 Abstrak.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409321044 Daftar Isi Skripsi.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409321044 BAB I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
409321044 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409321044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409321044 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) berbantumacromedia flash terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan. Pemilihan sampeldilakukan secara random dengan mengacak kelas. Sampel penelitian terdiri daridua kelas yaitu kelas kontrol yang menggunakan pembelajarn konvensional dankelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantu macromedia flash. Instrumen yang digunakan adalah Intrumes tes hasilbelajar yang merupakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal, instrumenpenilaian sikap yang terdiri dari 6 aspek penilaian dan intrumen penilaianpsikomotorik. Instrumen tes hasil belajar divalidkan oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru. Data penelitian diuji dengan uji t. Hasil pengujian dengan uji t diperoleh hipotesis terhadap kedua sampel yaitu ada perbedaan yang signifikan. Di kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 54.8 atau dalam kategori penilaian kurang dan di kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 68.18 atau dalam kategori penilaian cukup. Penilaian afektif siswa meningkat19,3 % dan penilaian psikomotorik siswa meningkat 20,80% dari pertemuan I kepertemuan II, tetapi sedikit pengaruh penilaian afektif dan penilaian psikomotorik terhadap hasil belajar fisika siswa. Dengan demikian peningkatan hasil belajar fisika siswa diakibatkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STADberbantu macromedia flash.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.42 Nas p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Psikomotorik; STAD; Macromedia; Flash; Gas; Hukum Boyle; Chales; Gay Lussel |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10924 |