Wasiyah (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TERMODINAMIKA DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121088 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
409121088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409121088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409121088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409121088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409121088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409121088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409121088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409121088 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
409121088 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409121088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktifitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan strategi pembelajaran konvensional pada materi termodinamika di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan berganda dan lembar aktivitas. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 44,2 dengan standar deviasi 9,8 dan nilairata-rata pretes kelas kontrol 43,3 dengan standar deviasi 10,5. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung =0,39 dan ttabel=1,995. Karena thitung <ttabel, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team dan kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 69,52 dengan kategori aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dengan standar deviasi 9,4 dan kelas kontrol 63,5 dengan standar deviasi 12,3. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 3,99 dan ttabel = 1,668. Karena thitung > ttabel maka Ha diterima yakni ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Quiz Team terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok termodinamika dikelas XI Semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.707 12 Was p |
Keywords: | Quiz Team; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi; Pembelajaran Aktif; Termodinamika; Energi; Usaha; Kalor; Termodinamika Gas; Kalor Gas |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10920 |