Siagian, Juli Yanti (2014) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISION) DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
409331028 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
409331028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
409331028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
409331028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
409331028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409331028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
409331028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409331028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409331028 BAB I.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
409331028 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409331028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media peta konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari 6 Kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan cara purposif (pertimbangan) yaitu pengambilan sampel dengan beberapa pertimbangan dilakukan oleh peneliti sehingga diperoleh kelas eksperimen I yang diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) menggunakan media peta konsep.Instrumen yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan ganda. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pre-test 48,6 dan post-test 71,5 dan Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 53,3 dan post-test 73,1. Untuk persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 55% dan dan pada kelas eksperimen II sebesar 45%.Hasil uji statistik menggunakan uji t-dua pihak menggunakan nilai rata-rata post-test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 51,44 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,994 pada taraf signifikansi α = 0,05, sehingga thitung > ttabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Sia p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Tipe NHT; Media Peta Konsep; Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10917 |