PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013

Syahputri, Rizki (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409321046  COVER.pdf]
Preview
Text
409321046 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 Lembar Persembahan.pdf]
Preview
Text
409321046 Lembar Persembahan.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 Abstrak.pdf]
Preview
Text
409321046 Abstrak.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
409321046 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
409321046 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 BAB I.pdf]
Preview
Text
409321046 BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 BAB V.pdf]
Preview
Text
409321046 BAB V.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 409321046 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
409321046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sipispis T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Sipispis T.A 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kleas VIII-A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Solving dan kelas VIII-C yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran komvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh dua dosen dan 1 guru bidang studi. Instrumen yang kedua berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan dua cara yaitu uji t dua pihak untuk nilai pretes dan uji t satu pihak untuk nilai postes.Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,83 pada kelas kontrol sebesar 33,83. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 73,83 dan 64,00. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,64 dan nilai ttabel = 1,67, dimana thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sipispis T. P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 535.140 712 Sya p
Keywords: Hasil Belajar; Inquiry Training; Mindscaping; Cahaya; Pemantulan Cahaya; Cermin; Sifat Bayangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 06 Sep 2016 04:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10888

Actions (login required)

View Item
View Item