Nasution, Futry Kesuma Wardani (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK� TALK WRITE) PADA MATERI FAKTORISASI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311016 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
409311016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
409311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
409311016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
409311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311016 DAFTAR DIGRAM.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409311016 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
409311016 BAB V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
409311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2013/2014 berjumlah 29 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan komunikasi matematika awal, tes kemampuan komunikasi matematika siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Kemampuan komunikasi matematik siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa pada tes awal yaitu 41,41 dengan tingkat kemampuan komunikasi matematik sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 55,45 dengan tingkat kemampuan komunikasi matematik rendah dan sebanyak 13 orang siswa (44,83%) dari jumlah siswa telah mampu mencapai target keberhasilan belajar. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 78,45 dengan tingkat kemampuan komunikasi matematik sedang serta sebanyak 25 orang siswa (86,21%) dari jumlah siswa telah mampu mencapai target keberhasilan belajar.Kelebihan penerapan strategi pembelajaran ini adalah dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan soal komunikasi matematika, yang dimulai dengan siswa memikirkan suatu masalah kemudian diikuti dengan mengkomunikasikan hasil pemikirannya dan menuliskan kembali hasil pemikiran tersebut melalui diskusi. Kegiatan berdiskusi membuat siswa menjadi lebih berani dalam mengeluarkan pendapat.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi faktorisasi bentuk aljabar di kelas VIII SMP Negeri 1 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.920 71 Nas u |
Keywords: | belajar; pembelajaran matematika; komunikasi; komunikasi matematika; strategi pembelajaran; Think- Talk- Write (TTW); faktorisasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10880 |