Lumbangaol, Ayu S. (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141007 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409141007 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
409141007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409141007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
409141007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
409141007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
409141007 BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
409141007 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409141007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409141007 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajari dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Two Stay Two Stray (TSTS) pada sub materi pokok sistem ekskresi manusia yang dilakukan dikelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas eksperimen1 (XI IPA1) sebanyak 36 orang untuk TPS dan kelas eksperimen2 (XI IPA3) sebanyak 32 orang untuk TSTS. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukkan pretes kelas TPS (46,28±12,58) dan pretes kelas TSTS (49,63±12,79). Sedangkan postes kelas TPS (76,5±7,63) dan postes kelas TSTS (77,97±7,39). Setelah dilakukan perbandingan hasil belajar kelas TPS dengan kelas TSTS (TPS:TSTS) berdasarkan nilai rata-rata postes maka diperoleh perbandingan sebesar 1:1,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih baik digunakan pada sub materi pokok Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA SMA NEGERI 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 71 Lum p |
Keywords: | Think Pair Share; Two Stay Two Stray; Hasil Belajar; Siswa; Sistem Eksresi Manusia; Ginjal; Urine; Paru-paru; Hati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10869 |