Astuti, Ika Sri (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN NHT PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141040 COVER SKRIPSI PDF.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409141040 Lembar Pengesahan PDF.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
409141040 KATA PENGANTAR PDF.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
409141040 ABSTRAK PDF.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
409141040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
409141040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
409141040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
409141040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
409141040 BAB 1 PDF.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
409141040 BAB V PDF.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409141040 DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
409141040 RIWAYAT HIDUP PDF.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang berjumlah 309 siswa dan sampel diambil secara purposive sampling (sampel bertujuan). Dimana kelas X-7 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Think-Pair-Share (TPS) dengan jumlah 38 orang dan kelas X-8 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Numbered Head Together (NHT) dengan jumlah 38 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 76 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas Think-Pair-Share (TPS) sebesar 82,89 sedangkan untuk kelas Numbered Head Together (NHT) sebesar 78,84. Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Numbered Head Together (NHT) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (2,289> 1,995), yang berarti dalam penelitian ini maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ast p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Ekosistem; Suksesi; Numbered Head Together; Makhluk Hidup; Think-Pair-Share |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10812 |