EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KALOR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ritonga, Ali Muda (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KALOR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409421001 COVER.pdf]
Preview
Text
409421001 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409421001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409421001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409421001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409421001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409421001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409421001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409421001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 BAB I.pdf]
Preview
Text
409421001 BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 BAB V.pdf]
Preview
Text
409421001 BAB V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 409421001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409421001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek model pembelajaranbedasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa serta aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung pada materi pokok kalor kelas VII semester II SMP Negeri 3 Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas VII semester genap yang terdiri dari 11 kelasberjumlah 418 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster randomsampling dengan mengambil 2 kelas dari 11 kelas yaitu kelas VII-F sebagai kelaseksperimen dan kelas VII-G sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakanuntuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan 4 option jawaban. Sedangkaninstrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa adalah observasi dengan dua orang yang menjadi observer. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,65 dengan standar deviasi 12,06 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 35,14 dengan standar deviasi 11,52. Pada uji normalitas data kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,10 dan Ftabel = 1,74 (Fhitung < Ftabel) maka data kedua kelas mempunyai varians yang homogen. Kemudian diberikan perlakuanyang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalahdan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Saat pembelajaran berlangsung aktivitas siswa kelas eksperimen meningkat dari pertemuan pertama dengan rata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.107 12 Rit e
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Lingkungan Belajar; Kalor; Suhu; Temperatur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 01:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10789

Actions (login required)

View Item
View Item