Wahyuni, Rini (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS MACROMEDIA FLASH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK IMPULS DAN MOMENTUM DI SMK NEGERI 1 STABAT T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321042 - COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
409321042 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
409321042 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409321042 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
409321042 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409321042 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409321042 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409321042 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409321042 - BAB 1.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
409321042 - BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
409321042 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dan model pembelajaran konvensional pada materi pokok impuls dan momentum di kelas X semester II SMK Negeri 1 Stabat tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMK Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen dan kelas X-AV sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 35 orang dan kelas kontrol berjumlah 29 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,1 dengan standar deviasi 13,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 37,0 dengan standar deviasi 12,2. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,28 dan ttabel = 1,99, sehingga thitung > ttabel (4,28 > 1,99), maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis Macromedia Flash dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok impuls dan momentum kelas X semester II SMK Negeri 1 Stabat T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 9 Wah p |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran Fisika; STAD; Pembelajaran Konvensional; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10776 |