Irwansyah (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SMESTER II SMA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244210016 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
081244210016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
081244210016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081244210016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
081244210016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
081244210016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244210016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
081244210016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081244210016 BAB I.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
081244210016 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
081244210016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Adanya pengaruh modelpembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokoklistrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. 2). Bagaimana hasil belajar fisika siswa di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi listrik dinamis. 3). Bagaimana hasil belajar siswa di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi listrik dinamis. 3).Bagaimana aktivitas belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry training pada materi listrik dinamis kelas X semester 2 SMA Muhammadiyah 8 Kisaran tahun pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah kuasai eksperimen dengan desain penelitian twogroup pre-test post-test design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X4 sebagai kelas eksperimendan kelas X6 sebagai kelaskontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid oleh tiga validator dan lembar aktivitas belajar siswa. Hipotesis yang digunakanadalah uji t satu pihak. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 43,23dengan standar deviasi 12,71 dan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol 42,83dengan standar deviasi 11,79dimana rata-rata pre-test dari kedua kelas sampelsama (homogen). Setelah pembelajaran selesai diberipost-test dengan nilai ratarata kelas eksperimen 76,97 dengan standar deviasi 10,62 dan nilai rata-rata kelas kontrol 65,25 dengan standar deviasi 9,09, sehingga dapat dihitung persentase peningkatan hasil belajar mencapai 15,23% dan dengan taraf keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77,92% termasuk kategori aktif. Hasil uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitumg = 4,84 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitumg> ttabel(4,84> 1,67) maka maka Ho di tolak dan Ha di terima, dengan demikian kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inquiry training yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.P 2012/2013. Artinya model pembelajaran inquiry training Lebih baik dari model pembelajaran Langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Irw p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Inquiry; Metode Pembelajaran; Direct Instruction; Materi Pelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 10:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10767 |