Manalu, Emilia (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE THINK PAIR SHARE NEGERI 2 BERASTAGI T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141022 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409141022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
409141022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
409141022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
409141022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
409141022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409141022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409141022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409141022 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409141022 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409141022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Jigsaw dengan TPS pada materi pokok Ekosistem di kelas VII SMP N 2 Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Berastagi yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 210 orang. Pengambilan sampel secara random(random sampling) dan didapat dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-3 dan VII-4 yang berjumlah 76 orang. Kelas VII-3 diajarkan dengan model Jigsaw dan VII-4 dengan model TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan berganda yang berjumlah 25 buah yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar yang didapatkan untuk kelas Jigsaw sebasar 76,86 lebih tinggi dibanding kelas TPS yaitu sebesar 70,66 sehingga terdapat perbedaan nilaisebesar 6,2%. Ketuntasan yang didapatkan siswa untuk kelas Jigsaw sebesar 62,%dan untuk kelas TPS sebesar 35,8%.Uji prasyarat analisis data menunjukkan bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung = 2,60 dan ttabel=1,993 dengan dk=74 dan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan kriteria Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Man p |
Keywords: | Belajar; Kooperatif Tipe Jigsaw; Ekosistem; Abiotik; Organisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10763 |