Hasibuan, Paridah (2013) PERSEPSI SISWA TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL GURU DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI BIOLOGI KELASXI IPA SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 409341038 cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
02. NIM 409341038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM 409341038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
04. NIM 409341038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM 409341038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 409341038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
09. NIM 409341038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. NIM 409341038 BAB 1.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
11. NIM 409341038 BAB V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
12. NIM 409341038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh persepsi siwa tentang kecerdasan emosional guru dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi biologi dan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kecerdasan emosional guru dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi biologi kelas XI IPA SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013, sedangkan sampelnya sebanyak 35 siswa yang diambil dari keseluruhan kelas XI IPA3. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Alat pengumpulan data instrumen adalah angket tertutup. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Data analisis yang diperoleh untuk persepsi siswa (X) nilai rata-rata= 87,08 dan standar deviasi 7,185, Nilai maksimum persepsi siswa 110 dan nilai minimum persepsi siswa adalah 73. Sedangkan untuk prestasi belajar biologi siswa (Y) diperoleh nilai rata-rata = 65,85 dan standar deviasi 15,386, nilai maksimum hasil belajar siswa 95 dan nilai minimum hasil belajar siswa adalah 35. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi, besarnya niali korelasi (r) (0,38) terdapat diantara 0,20-0,40, berarti persepsi siswa tentang kecerdasan emosional guru dan prestasi belajar biologi memiliki interprestasi korelasi rendah terhadap prestasi belajar biologi. Berdasarkan uji signifikan (t) thitung (2,35) > ttabel (1,72), berarti (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Adapun besarnya pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA3 SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah sebesar 14,44%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang kecerdasan emosional guru dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA3 SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.150 71 Has p |
Keywords: | Kecerdasan; Emosi; Guru; Belajar Mengajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10761 |