Pakpahan, Meilina S.M (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN T. A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111077 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
408111077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
408111077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
408111077 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408111077 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
408111077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408111077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408111077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408111077 BAB I.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
408111077 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
408111077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408111077 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 orang siswa.Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Think-Pair-Share untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pokok pecahan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil analisis penelitian pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, nilai rata-rata observasi pembelajaran pada siklus I adalah 2,9 dengan kategori baik dan rata-rata observasi kegiatan kemampuan komunikasi siswa mencapai 2,54 dengan kategori baik. Banyaknya siswa yang mampu berkomunikasi matematika adalah 14 siswa (35%) dari 40 siswa dengan rata-rata kelas 57,05. Dengan melihat persentase klasikal 85% dan ≥ 65 secara individual belum mencapai tingkat penguasaan sedang dalam berkomunikasi matematika, maka perlu dilanjutkan pelaksanaan siklus II.Hasil analisis data pada akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama, nilai rata-rata observasi pembelajaran pada siklus II adalah 3,3 dengan kategori baik dan rata-rata observasi kegiatan kemampuan komunikasi siswa mencapai 3,4 dengan kategori sangat baik. Banyaknya siswa yang mampu berkomunikasi matematika adalah 35 siswa (87,5%) dari 40 siswa dengan rata-rata kelas 77,21.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi pokok pecahan di kelas VII SMP Negeri 3 Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Pak p |
Keywords: | Belajar; Komunikasi; Kooperatif; Pecahan; Lambang; Campuran; Desimal; Persen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10618 |