Ramadhani, Ade (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII MTS. AISYIYAH BINJAI T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111026 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111026 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
408111026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408111026 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111026 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408111026 BABV.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
408111026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh Pembelajaran Berdasarkan Masalah lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di kelas VIII MTs. Aisyiyah Binjai T.A. 2012/2013.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Aisyiyah Binjai sebanyak 3 kelas paralel. Sampel diambil sebanyak 2 kelas dan dipilih secara acak. Kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas VIII-B sebagai kelas konvensional dengan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika berupa pretes dan postes sebanyak 5 soal yang sebelumnya telah diujicobakan untuk melihat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda tes.Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas dan homogenitas data. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas data diketahui bahwa data berdistribusi normal dan sampel dalam penelitian ini homogen. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa pada kondisi awal ditunjukkan bahwa kemampuan awal siswa antara kelas eksperimen dan kelas konvensional relatif sama. Pada kelompok eksperimen nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah 20,958 sedangkan rata-rata kemampuan awal siswa kelas konvensional adalah 19,917. Setelah dilakukan pembelajaran pada kedua kelompok, yaitu pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas eksperimen adalah 66,5 dan pada kelas konvensional 55,167. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan meggunakan uji-t dengan taraf nyata = 0,05 diperoleh yaitu 3,247 > 1,680. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis ternyata H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran berdasarkan masalah lebih baik daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar di kelas VIII MTs. Aisyiyah Binjai T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.943 071 Ram p |
Keywords: | Pemecahan; Perkalian; Pengurangan; Penjumlahan; Pembelajaran; Konvensional; Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10573 |