Wahyuni, Handayani (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN BANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111056 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
408111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
408111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
408111056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
408111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
408111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
408111056 BAB I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
408111056 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
408111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
408111056 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dengan bantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 16 Medan, untuk mengetahui strategi penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dengan bantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII-A dan VII-B di SMP Negeri 16 Medan yang masing-masing berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pada materi pecahan melalui penerapan Model Pembelajaran kontekstual (CTL) dengan bantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I di kelas VII-B dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas VII-A untuk melihat peningkatan aktivtas dan hasil belajar siswa pada materi pecahan. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VII-B sebanyak 40 orang siswa, terdapat 30 siswa (75%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 10 siswa (25%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 73,19. Dari lembar observasi aktivitas siswa secara keseluruhan diperoleh persentase aktivitas siswa adalah 58,4% (kategori kurang aktif). Dari hasil analisis data pada siklus II di kelas VII-A sebanyak 40 orang siswa, terdapat 36siswa (90%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa (10%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 79,16. Dari lembar observasi aktivitas siswa secara keseluruhan diperoleh persentase aktivitas siswa adalah 69,5% (kategori cukup aktif). Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan individu dan klasikal dan terjadi peningkatan rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II, maka dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) dengan bantuan dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 16 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Wah p |
Keywords: | Pecahan; Inkuri; Perkalian; Pembagian; CTL; Persen; Desimal; Pembelajaran; Pengurangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10562 |