Hairina (2013) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT DAN MEDIA KARTU FLASH PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 TAKENGON. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310008 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
081244310008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
081244310008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
081244310008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
081244310008 DAFTAR ISI.pdf.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
081244310008 DAFTAR TABEL.pdf.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244310008 DAFTAR GAMBAR.pdf.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
081244310008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
081244310008 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
081244310008 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
081244310008 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya perbandingan hasil belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif tipe NHT menggunakan Powerpoint dan media kartu flash di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Takengon semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Takengon. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen I dan eksperimen II. Kelas eksperimen I dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan Powerpoint dan kelas eksperimen II dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT dengan menggunakan media kartu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan powerpoint dan media kartu pada pokok bahasan laju reaksi. Data statistik analisis penelitian ini menunjukkan bahwa gain di kelas eksperimen I mencapai 82%, dan di kelas eksperimen II 51%. Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen I (26,5) dan pos-tes (86,5). Hasil pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata pre-tes (28) dan pos-tes (64,67). Data pre-tes, pos-tes diuji normalitas dan diperoleh data terdistribusi normal. Data pre-tes kedua kelas diuji homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum mendapat perlakuan berbeda. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe NHT menggunakan powerpoint dan media kartu flash pada pokok bahasan laju reaksi diperoleh sebesar 31%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 71 Hai p |
Keywords: | Belajar; Kimia; Kooperatif; Model; NHT; Komputer; Flas Card; Reaksi |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 21 Nov 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10528 |