Siregar, Evy Noviyanti (2013) PENGARUH MACROMEDIA FLASH PADA PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK REALISTIK DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.
081244310006 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
081244310006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
081244310006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
081244310006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
081244310006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
081244310006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
081244310006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
081244310006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
081244310006 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
081244310006 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
081244310006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh macromedia flash pada pembelajaran konstruktivistik realistik dengan STAD terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom dan untuk mengetahui berapa besar peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pembelajaran konstruktivistik realistik dengan STAD dengan Macromedia Flash atau tanpa menggunakan Macromedia Flash. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang ada di MAN 1 Medan yaitu sebanyak tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA3 dan XI IPA4. Dari 2 kelas tersebut, 1 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen I dan 1 kelas lainnya sebagai kelas eksperimen II. Pada kelas eksperimen I diberi perlakuan pengajaran dengan model pembelajaran konstruktivistik realistik dengan STAD didukung macromedia flash sedangkan kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivistik realistik dengan STAD. Data yang dianalisis adalah peningkatan hasil belajar kimia siswa (gain). Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan 5 pilihan sebanyak 21 soal, yang telah diujikan validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda tes. Data hasil penelitian yang diperoleh selanjutnya diuji normalitas dan homogenitasnya, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji t-pihak kanan. Rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa pada kelas eksperimen I adalah 80,61 %, sedangkan rata-rata keberhasilan belajar kimia siswa pada kelas eksperimen II adalah 52,80 %. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t hitung (2,280) > t tabel (1,664) pada = 0,05 dan db = 88. Dari data hasil uji t diatas berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh macromedia flash pada pembelajaran konstruktivistik realistik dengan STAD terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan struktur atom.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 71 Sir p |
Keywords: | Belajar; Mengajar; Metode; Konstruktivisne; Media; Macromedia; Struktur; Atom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10497 |