Ramadhana, Ahmad Rizki (2014) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA KELAS VIII SMP PAB 2 HELVETIA T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409411042 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409411042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
409411042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
409411042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
409411042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
409411042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
409411042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
409411042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
409411042 BAB I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
409411042 BAB V.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
409411042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
409411042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP PAB 2 HELVETIA T.A 2013/2014 dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa antara siswa yang diberi pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP PAB 2 HELVETIA T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas masing-masing 37 orang siswa pada kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan test essay sebanyak 10 soal dan telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari analisis data posttest dengan menggunakan uji-t hasil perhitungan diperoleh harga thitung (2,273) > ttabel (1,996) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar melalui pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran biasa pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia T.A 2013/2014 dan dari analisis data pretest dan posttest dengan menggunakan uji-t hasil perhitungan diperoleh harga thitung (6,622) > ttabel (1,668) maka H0 ditolak dan Ha diterima. maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP PAB 2 HELVETIA T.A 2013/2014. Begitu juga dengan ketuntasan belajar siswa di kelas eksperimen diperoleh siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 30 siswa dengan rata-rata nilai 73,973 dengan persentase mencapai 81,08%, dan di kelas kontrol diperoleh siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 25 siswa dengan rata-rata nilai 66,405 dengan persentase mencapai 67,56%. Dengan demikian berarti ada pengaruh positif antara pembelajaran dengan pendekatan Matematika Realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Ram p |
Keywords: | Komunikasi Matematika; Matematika Realistik; Pembelajaran Biasa; Pedagogi; Teorema Phytagoras |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10422 |