Manik, Cornelius (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER)TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244320039 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
071244320039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
071244320039 KATA PENGANTAR...pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071244320039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
071244320039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
071244320039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244320039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071244320039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071244320039 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
071244320039 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071244320039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran NHT(Numbered Head Together) memberikan pengaruh lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Trisakti Medan yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi pembelajaran NHT(Numbered Head Together) dan pada kelas kontrol diberi pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa baik data hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan data gain ternormalisasi, besar peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran NHT(Numbered Head Together) adalah 70% dan peningkatan hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional adalah 54%. Besarnya perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa adalah 16%. Hasil pengujian hipotesis, diperoleh thitung > ttabel dengan menggunakan uji t pihak kanan yaitu 5,563> 1,6671 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dimana Ha = Hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan NHT(Numbered Head Together) lebih baik dari hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Man p |
Keywords: | Pembelajaran NHT; Hasil Belajar Kimia; Sistem Periodik Unsur |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10315 |