Lumbantoruan, Efri S. (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONG TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408341007 cover.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408341007 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
408341007 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408341007 abstrak.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
408341007 daftar isi.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
408341007 daftar tabel.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408341007 daftar gambar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408341007 daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
408341007 bab i.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
408341007 bab v.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
408341007 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terbagi atas 10 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 392 orang dan sampel penelitian dua kelas yaitu kelas X2 yang diambil secara acak menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang dan kelas X1 menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Adanya pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam meningkatkan penguasaan materi biologi diketahui dari kemampuan siswa dalam mengerjakan soal biologi sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan model Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi biologi karena metode ini menekankan siswa untuk lebih aktif memperhatikan pelajaran karena mereka terlibat secara aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan  = 0,05, dimana thitung > ttabel (6,50 > 1,67), yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Lum p |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe TPS; Hasil Belajar; Siswa; Ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10312 |