Yulika, Eni (2012) PENERAPAN MODEL CIRC DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA-2 SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141057 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408141057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
408141057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
408141057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
408141057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
408141057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408141057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408141057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
408141057 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
408141057 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
408141057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model CIRC dengan teknik mind mapping serta mengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam membuat mind mapping pada pembelajaran biologi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-2 SMA Swasta Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012, yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Tekhnik pemilihan subjek penelitian dilakukan secara purposif.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi, tes diberikan sebanyak 40 soal pilihan ganda. Soal diberikan 2 kali yaitu siklus I dan siklus II. Sedangkan observasi meliputi hasil penilaian mind mapping siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model CIRC dengan teknik mind mapping telah menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II dan besar peningkatan yang terjadi dari hasil belajar siswa yaitu 36,18 atau 47,29 %. Hasil kemampuan rata-rata psikomotor siswa yang didapatkan dari hasil penilaian di siklus I sampai siklus II dalam membuat catatan bentuk mind mapping adalah sebesar76,65 (kategori baik).Maka dapat disimpulkan model CIRC dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Yul p |
Keywords: | Model CIRC; Mind Mapping; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10189 |