Sibuea, Julianty S. (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DENGAN INSTRUMEN PENILAIAN TEKA- TEKI SILANG TTS (CROSSWORD PUZZLE) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI IA 2 SMA NEGERI 5 P. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141077 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
408141077 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
408141077 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
408141077 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
408141077 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
408141077 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408141077 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
408141077 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
408141077 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408141077 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
408141077 abstrak.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
408141077 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dan Instrumen Teka-teki Silang (Crossword Puzzle) di kelas XI IA 2 SMA Negeri 5 Pematangsiantar T.P.2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI 2 IA SMA Negeri 5 Pematangsiantar yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini bersifat deskriptif, jadi dalam analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif yaitu teknik persentase ketuntasan belajar secara individu, ketuntasan belajar klasikal dan ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK). Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan instrumen penilaian TTS, diperoleh rata-rata nilai pos-test siklus I adalah 74,8 dan pada pos-test siklus II adalah 84,68. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa dari pos-test I ke pos-test II sebesar 9,88.Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I diperoleh sebesar 65,62% atau sebanyak 21 siswa dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal siswa sebesar 93,75% atau sebanyak 30 siswa dinyatakan sudah tuntas. Ketuntasan klasikal siswa dinyatakan tuntas apabila persentase ketuntasan belajar klasikal siswa ≥ 85% dan pada siklus II ketuntasan klasikal belajar siswa sudah mencapai indikator ketuntasan. Demikian juga ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK) pada penelitian ini sebesar 81,70% yang telah melebihi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran khusus yaitu minimal 75%.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan instrumen penilaian TTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik secara individual maupun klasikal serta tercapainya Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI IA-2 SMA Negeri 5 Pematangsiantar tahun pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 274.071 Sib u |
Keywords: | Hasil Belajar; Model pembelajaran TAI; Teka teki Silang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10162 |