Tarigan, Era Erhasil (2012) KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141060 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
408141060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
408141060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
408141060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
408141060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
408141060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
408141060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
408141060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
408141060 BAB I.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
408141060 BAB V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
408141060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 berjumlah 201 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random sampling berjumlah 60 orang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan tes sebagai alat pengumpul data penelitian.Dari hasil uji persyaratan data diketahui bahwa data kecerdasan emosional maupun data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal dan homogen dengan skor rata-rata 148,9 dengan standar deviasi 9,76 untuk data kecerdasan emosional siswa dan nilai rata-rata 71,25 dengan standar deviasi 10,79 untuk data hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ = -20,5 + 0,62X merupakan regresi linier, dimana Fhitung < Ftabel (1,76 < 1,86) dengan taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,56 dengan indeks determinasi I = 31,4 %. Artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa, dimana faktor kecerdasan emosional mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 31,4 % terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 Tar k |
Keywords: | Populasi; Sampel; Variabel |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10125 |