Nababan, Sopan (2012) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIVIEMENTS DIVISION) DAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) BERBASISKAN PETA KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA N 7 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
408131091 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408131091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408131091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
408131091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
408131091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
408131091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
408131091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
408131091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
408131091 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
408131091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
408131091 BAB V.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
408131091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model model pembelajaran koperatif tipe STAD (Students Teams Achiviements Division) dan NHT (Number Head Together) berbasiskan peta konsep pada materi pokok hidrokarbon di SMA N 7 Medan pada kelas X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe NHT. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (STAD) adalah 51,16 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (NHT) adalah 57,50. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Dan perhitungan korelasi (hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar) menunjukkan korelasi positif. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 75,00 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80,00. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 48,8% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 53,4%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan NHT.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nab p |
Keywords: | Metode STAD; Metode NHT; Peta Konsep; Hidrokarbon; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10091 |