Napitupulu, Masita Anggraini (2012) PENGARUH MEDIA MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KREATIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
408331030 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
408331030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
408331030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
408331030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408331030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408331030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
408331030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
408331030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408331030 BAB I.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
408331030 BAB V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
408331030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
408331030 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer terhadap kreativitas siswa dalam belajar; (2) Pengaruh media mind mapping dalam pembelajaran advance organizerterhadap hasil belajar kimia siswa; dan (3) Hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar kimia siswa pada penggunaan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri pada tahun ajaran 2011/ 2012. Penelitian ini dilakukan terhadap 2 (dua) kelas di SMA Negeri 1 Pulau Rakyat kabupaten Asahan yangberjumlah 70 orang. Dimana kelas pertama dijadikan kelompok eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer yang dikombinasikan dengan mind mapping, dan kelas kedua dijadikan kelompok eksperimen II dengan model advance organizer. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 20 soal. Untuk menjaring data kreativitas siswa digunakan lembar observasi yang dilakukan oleh observer yang berjumlah 4 orang. Sedangkan untuk menganalisis tes hasil belajar kimia digunakan product moment. Penelitian ini melibatkan dua perlakuan berbeda antara kelas eksperimen I dan eksperimen II. Teknik analisis data menggunakan uji satu pihak dengan menggunakan data sampel independen t-test untuk hipotesis pertama dan kedua. Sedangkan untuk mengetahui hubungan kreativitas dan hasil belajar diuji dengan menggunakan analisis korelasi.Hasil penelitian diperoleh: (1) Kreativitas siswa yang diajar dengan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizersecara signifikan lebih tinggi daripada kreativitas siswa yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizersecara signifikan lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer; (3) Terdapat hubungan antara kreativitas dengan hasil belajar kimia siswapada penggunaan media mind mapping dalam pembelajaran advance organizer. Dari analisis data disimpulkan bahwa dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan pembentukan karakter kreativitas siswa, media pembelajaran yang dapat digunakan adalah mind mapping dalam pembelajaran advance organizer.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nap p |
Keywords: | Media Mind Mapping; Advance Organizer; Kreativitas Siswa; Hasil Belajar Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10086 |