Tinambunan, Satria (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDANT.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
408121091 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
408121091 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408121091 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
408121091 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
408121091 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
408121091 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121091 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121091 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
408121091 BAB I.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
408121091 BAB V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
408121091 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P 2011/2012. 3) Mengetahui bagaimana aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle berbasis Peta Konsep. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep dan kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,14 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 40,28. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep sebesar 75,43 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 64,42. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,540 > 1,66 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Peta Konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Parulian 1 Medan T.P.2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Tin p |
Keywords: | Realibilitas; Daya; Observasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10082 |