MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016

chairani, dewi ayu (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 SAMPALI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM.1123111018 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM.1123111018 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.1123111018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM.1123111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM.1123111018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM.1123111018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM.1123111018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM.1123111018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.1123111018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.1123111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.1123111018 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM.1123111018 TABLE.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.1123111018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM.1123111018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.1123111018 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.1123111018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM.1123111018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM.1123111018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM.1123111018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM.1123111018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM.1123111018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM.1123111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview

Abstract

Masalahdalampenelitianiniadalahsiswakurangterlibatsecaraaktifdalampembelajaran IPA, tidakadapelaksanaankegiatandemostrasipadapembelajaran IPA,siswatidakinginmengajukanpertanyaanketikabelummemahamimateri yang telah di ajarkan,siswajarangmengemukakanpendapatnyapadakegiatanpembelajaran, guru lebihdominanmenggunakanmetodeceramahdalampembelajaran IPA, kurangnyapenggunaan media dalampembelajaran IPA.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA materigayadenganmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) di kelas IV SDN 101775 Sampali.
Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas (PTK) dengansubjekpenelitiansiswakelas IV SDN 101775 Sampali T.A 2015/2016 yang berjumlah 26 orang siswa yang terdiridari 10 orang perempuandan 16 orang laki-laki, dilaksanakanpadabulanjanuari 2016 s.dmaret 2016. Tindakan yang dilakukanpadapenelitianiniadalahmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK).Penelitianiniterdiridari 2 siklusyaitusiklus I dansiklus II, masing-masingsiklusterdiridari 4 tahapyaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Satusiklusterdiridari 2 kali pertemuan.Adapunalatpengumpulan data yang digunakanlembarobservasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklus I pertemuan I diperolehjumlahsiswa yang aktifadalah 7 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu26,92% danpertemuan IIdiperolehjumlahsiswa yang aktifyaitu9 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswa 34,62% padasiklus II pertemuan I jumlahsiswaaktifmeningkatmenjadi 18 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu69,23% danpertemuan IIjumlahsiswa yang aktifkembalimeningkatmenjadi 23 orang siswadenganpersentasekeaktifansiswayaitu 88,46%. Hasilobservasipelaksanaanpembelajaran pun mengalamipeningkatanpadasiklus I pertemuan I penelitimemperolehskor 17 denganpersentase 53,13% danpertemuan II penelitimemperolehskor 22 denganpersentase 68,75% padasiklus II pertemuan I penelitimemperolehskor 26 denganpersentase 81,25% danpertemuan II memperolehskor 27 denganpersentase 84,38%.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)dapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA materigaya di kelas IV SDN 101775 SampaliTahunAjaran 2015/2016. Disaranpada guru agar dapatmenggunakan model pembelajaranVisualization, Auditory, Kinesthetic (VAK)padasaatpembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk- 2016 PGSD 137
Keywords: Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:40
Last Modified: 20 Jul 2016 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item
View Item