META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Pakpahan, Ester Mariana (2021) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311040  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311040 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, yaitu analisis menyajikan hasil publikasi penelitian ilmiah pada elektronik jurnal secara nasional maupun internasional yang berkaitan tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, jurnal yang dianalisis pada penelitian ini sebanyak enam jurnal (lima jurnal nasional dan satu jurnal internasional). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Secara keseluruhan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika memiliki effect size sebesar 1,3563 (Efek Tinggi). Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memberikan pengaruh yang lebih efektif dan layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 216
Keywords: Problem based learning; Berpikir kritis; Model pembelajaran; Meta-analisis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:19
Last Modified: 12 Nov 2021 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43700

Actions (login required)

View Item
View Item