Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibolga

Marbun, Syahraini (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Jerman Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sibolga. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176122023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176122023 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176122023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176122023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176122023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176122023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176122023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176122023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176122023 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176122023 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176122023 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176122023 TABELS.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176122023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176122023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176122023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176122023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176122023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176122023 BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176122023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176122023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176122023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176122023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan media game edukasi berbasis problem based learning pada pembelajaran bahasa Jerman (2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media game edukasi berbasis problem based learning pada materi bahasa Jerman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ASSURE dan dikombinasikan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Sibolga. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian dari 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan media game edukasi berbasis problem based learning dan 30 siswa sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran bahasa Jerman siswa yang diajar dengan menggunakan media game edukasi berbasis problem based learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan data yaitu thitung = 11.27 pada tingkat signifikan 0.05 melalui interpolasi ttabel 1.695. Disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran game edukasi berbasis problem based learning lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Youtube.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Mar p
Keywords: game edukasi; Youtube; hasil belajar; bahasa Jerman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > PT Germanic literature
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Aug 2021 10:08
Last Modified: 09 Aug 2021 10:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43096

Actions (login required)

View Item
View Item