PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN PADA SISWA KELA X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN

PASARIBU, SUHARTI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN PADA SISWA KELA X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 5143144021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5143144021 COVER.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5143144021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5143144021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5143144021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5143144021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5143144021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5143144021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5143144021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5143144021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5143144021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5143144021 TABLES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5143144021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5143144021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5143144021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5143144021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5143144021 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5143144021 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5143144021 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5143144021 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 5143144021 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 5143144021 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5143144021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5143144021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5143144021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5143144021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5143144021 ENDCLOSURE.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5143144021 ENDCLOSURE.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran dasar kecantikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Tata Kecantikan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 28 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dasar kecantikan kulit dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode dalam penelitian ini menggunakan 2 Siklus (Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, Refleksi). Dengan Nilai rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 74,14 serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 63,33%, Hasil belajar ini sudah lebih baik dari keadaan sebelumnya pada saat pra siklus yang rata-ratanya sebesar 46,83. Ini menunjukkan hasil belajar pada siklus I dengan menerapkan model pembelajran tipe Student Facilitator And Explaining sudah mengalami peningkatan, namun ketuntasan klasikalnya belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu di atas 80%.. Sedangkan Nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 82,33 serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90%. Hasil analisis belajar siswa siklus I diperoleh 17 siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa lainnya belum tuntas. Sedangkan pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes siklus II diperoleh 24 siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa lainnya belum tuntas. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan Siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil prestasi siswa pada mata pelajaran dasar kecantikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 RIAS 009
Keywords: Prestasi siswa, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:28
Last Modified: 30 Sep 2021 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40147

Actions (login required)

View Item
View Item