PASARIBU, SUHARTI (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN PADA SISWA KELA X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5143144021 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM. 5143144021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (609kB) | Preview
3. NIM. 5143144021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 5143144021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
5. NIM. 5143144021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
6. NIM. 5143144021 TABLES.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
7. NIM. 5143144021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
8. NIM. 5143144021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
9. NIM. 5143144021 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. NIM. 5143144021 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. NIM. 5143144021 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
12. NIM. 5143144021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
13. NIM. 5143144021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM. 5143144021 ENDCLOSURE.pdf - Published Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran dasar kecantikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Tata Kecantikan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 28 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar dasar kecantikan kulit dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode dalam penelitian ini menggunakan 2 Siklus (Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, Refleksi). Dengan Nilai rata-rata siswa pada Siklus I sebesar 74,14 serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 63,33%, Hasil belajar ini sudah lebih baik dari keadaan sebelumnya pada saat pra siklus yang rata-ratanya sebesar 46,83. Ini menunjukkan hasil belajar pada siklus I dengan menerapkan model pembelajran tipe Student Facilitator And Explaining sudah mengalami peningkatan, namun ketuntasan klasikalnya belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu di atas 80%.. Sedangkan Nilai rata-rata siswa pada siklus II sebesar 82,33 serta ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 90%. Hasil analisis belajar siswa siklus I diperoleh 17 siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa lainnya belum tuntas. Sedangkan pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes siklus II diperoleh 24 siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa lainnya belum tuntas. Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan Siklus II maka dapat disimpulkan bahwa model Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil prestasi siswa pada mata pelajaran dasar kecantikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 RIAS 009 |
Keywords: | Prestasi siswa, Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:28 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40147 |