PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2018/2019

Syafitri, Desi (2019) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA CINTA RAKYAT TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - TABLES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - DIAGRAMS.pdf]
Preview
Text
07 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - DIAGRAMS.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 1152113003 DESI SYAFITRI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalahmasih ada anak yang belum mampu mengenali ekspresi temanya, kurangnya sikap keperdulian anak, kurangnya rasa menghargai terhadap sesama teman, kurangnya sikap tolong menolong terhadap sesama teman, anak belum mampu mengakui kesalahanya, anak belum mampu menunjukan sikap kasih sayang, penggunaan metode bermain peran jarang digunakan, kurangnya metode pembelajaran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap empati anak. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok B anak usia 5-6 Tahun di TK Salsa dengan jumlah 22 anak yang menggunakan 2 kelas yaitu B2 kelas eksperimen yang berjumlah 10 anak dengan di beri perlakuan metode bermain peran makro dan B3 kelas kontrol yang berjumlah 12 anak dengan diberi perlakuan metode bermain peran mikro, pengambilan sampel dipilih secara acak (simple random sampling)dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi.Jenis penelitian iniyaitu penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimendengan desain Post-test Only Control Design bentuk Quasi Eksperiment (Eksperimen semu). Hasil penelitian menunjukkan perlakukan yang berbeda diperoleh skor empati anak kelas eksperimen sebesar 3,31 sedangkan skor yang diperoleh dikelas kontrol sebesar 2,34. Hal ini didapat dengan menggunakan Uji Mann Whitney (U-Test) sampel besar, yang dilanjut dengan uji signifikasi pada 0,025, terlihat bahwa nilai ∝/5= 0,05/2 = 0, 025, nilai Ztabel ∝ = 0,025 n1 = 10, n2 = 12sehingga diperoleh Zhitung = 0,16>Ztabel =1,96, maka Terdapat pengaruh yang signifikan antara empati anak usia 5-6 tahun dikelas eksperimen menggunakan kegiatanbermain peran makro dan kelas kontrol menggunakan bermain peran mikro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PAUD 072
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:33
Last Modified: 12 Mar 2020 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37201

Actions (login required)

View Item
View Item