PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KERJASAMA PADA SISWA FISIKA SMA

Hasanah, Naimah (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN KERJASAMA PADA SISWA FISIKA SMA. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176175010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176175010 COVER.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176175010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176175010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176175010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176175010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176175010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176175010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176175010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176175010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176175010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176175010 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176175010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176175010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176175010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176175010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176175010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176175010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176175010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176175010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176175010 BIBLIOGRHAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176175010 BIBLIOGRHAPY.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran fisika yang terintegrasi
pada budaya Batak serta melihat keterampilan generik sains (KGS) dan kerjasama
siswa melalui model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak dengan
pendekatan Culturally Responsive Teaching. Penelitian ini dilakukan di MAS
Laboratorium UINSU Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen yang dilaksanakan menggunakan two group pretes-posttest design.
Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
tes keterampilan generik sains sesuai dengan 10 aspek KGS dan angket kerjasama
siswa sebanyak 30 butir pernyataan yang telah divalidasi oleh ahli. Data dalam
penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0, uji t dan uji gain. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa di kelas yang dibelajarkan dengan model
pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak, KGS siswa diperoleh nilai gain
sebesar 0,7 dengan kategori sedang dan kerjasama siswa diperoleh nilai gain
sebesar 0,7 dengan kategori sedang. Sedangkan di kelas yang dibelajarkan dengan
model konvensional, KGS siswa diperoleh nilai gain sebesar 0,2 dengan kategori
rendah dan kerjasama siswa diperoleh nilai gain sebesar 0,3 dengan kategori
sedang. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pada kelas yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak. Hal ini
menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis budaya Batak lebih
baik model konvensional. Pembelajaran fisika terintegrasi etnofisika dapat
meningkatkan KGS dan kerjasama siswa diantaranya; pengamatan langsung,
hukum sebab akibat, inferensi logika, kemampuan partisipasi, kemampuan
berbagi dan kemampuan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: 530.71 has p
Keywords: Kooperatif, KGS, Kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:28
Last Modified: 24 Sep 2019 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36121

Actions (login required)

View Item
View Item