PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) DI SMAN 14 MEDAN T.P. 2017/2018

Banjarnahor, Jamanat Artinus (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) DI SMAN 14 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133141035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133141035 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133141035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133141035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133141035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.  4133141035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133141035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.  4133141035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133141035 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133141035 TABLE.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.  4133141035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 4133141035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 4133141035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133141035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133141035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4133141035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4133141035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133141035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan Direct Instruction (DI) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 serta melihat perbedaan pada kedua model tersebut. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas POE dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas DI. Alat pengumpul data hasil belajar yaitu soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal sedangkan untuk mendapatkan data aktivitas siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Tes dilakukan diakhir pembelajaran sedangkan aktivitas siswa diamati selama pembelajaran. Data yang diperoleh di analisis dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada sistem peredaran darah manusia menggunakan Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yaitu (76,95±10,83) dan model pembelajaran Direct Instruction (DI) (73,12± 8,50) yaitu berbeda secara signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POE dan DI dengan rata rata 70,6 untuk kelas POE dan 50,3 untuk kelas DI. Data analisis menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran POE lebih baik daripada model DI untuk materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 070
Keywords: Model pembelajaran Predict Explain (POE); Model Pembelajaran Direct Instruction (DI); Hasil Belajar; Aktivitas Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:06
Last Modified: 26 Mar 2019 03:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item
View Item