PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X MIA SEMESTER II SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P. 2016/2017

LUMBANTOBING, NELLY CATRINA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS X MIA SEMESTER II SMA NEGERI 2 TARUTUNG T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4132121017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4132121017 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133321011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133321011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133321011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133321011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133321011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133321011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4132121017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4132121017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4132121017 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4132121017 TABLES.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4133321011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4133321011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4132121017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4132121017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133321011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133321011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133321011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning)terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida statis di kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretes-postes design dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung yang terdiridari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan jumlah siswa 30 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telahdi validasi yang kedua adalah lembar observasi aktivitas menyelidiki siswa.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 23,25 dan kelas kontrol adalah 22,17, setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,10 dan kelas kontrol 71,30. Pada proses pembelajaran Problem Based Learning dilakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa, dimana hasilnya dikategorikan aktif sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,531 > 1,671 hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida statis di kelas X MIA semester II SMA Negeri 2 Tarutung T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 FIS 042
Keywords: PROBLEM BASED LEARNING;HASIL BELAJAR;AKTIVITAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 26 Jan 2018 16:43
Last Modified: 14 Mar 2018 06:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28974

Actions (login required)

View Item
View Item