PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YP MARISI MEDAN T.A 2016/2017

Sinaga, Rosa Intan Nia (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA YP MARISI MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123111072 Cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123111072 Cover.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123111072 Lembar Pengesahan & Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123111072 Lembar Pengesahan & Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123111072 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123111072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123111072 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123111072 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123111072 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123111072 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123111072 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123111072 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123111072 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123111072 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123111072 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123111072 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123111072 BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4123111072 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4123111072 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123111072 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123111072 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan
melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Menuntaskan
pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD
di kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas
empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta YP Marisi Medan T.A
2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah
kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran
kooperatif tipe STAD.
Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus.
Dari hasil analisis data diperoleh hasil: (1) rata-rata nilai tes pemecahan masalah
matematika pada siklus I sebesar 69,9 dengan 67,5% dari jumlah siswa yang
mengikuti tes memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori
baik kemudian rata-rata meningkat pada siklus II sebesar 83,9 dengan 87,5% dari
jumlah siswa memiliki tingkat pemecahan masalah matematika minimal kategori
baik. (2) Ketuntasan belajar siswa dilihat dari kemampuan pemecahan masalah
pada siklus I yaitu 27 orang siswa (67,5%) meningkat menjadi 35 siswa (87,5%)
pada siklus II yang telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu ≥ 85 % siswa yang
mencapai tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai ≥ 70 sesuai
KKM di sekolah.
Berdasarkan hasil pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Swasta YP Marisi Medan
T.A 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MAT 148
Keywords: Matematika; Persamaan Linear Dua Variabel; Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Oct 2016 09:17
Last Modified: 25 Oct 2016 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20870

Actions (login required)

View Item
View Item