PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA BINA KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Octaviani, Fanny (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA BINA KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2113111032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2113111032 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2113111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2113111032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2113111032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2113111032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2113111032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2113111032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2113111032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2113111032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2113111032 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2113111032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2113111032 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2113111032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2113111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2113111032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2113111032 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2113111032 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2113111032 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2113111032 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2113111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2113111032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis pantun. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Swa Bina Karya Medan dengan populasi 60 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-A sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis pantun.
Kemampuan menulis pantun sebelum menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 59,33 (berada pada kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis pantun sesudah menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 74,33 (berada pada kategori baik)
Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t hitung =. 5,47. Selanjutnya dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5 % atau α = 0,05 diperoleh nilai t tabel = 1,70. Nilai t hitung > t tabel atau 5,47 > 1,70. Sehingga, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swa Bina Karya Medan tahun pembelajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 034
Keywords: Model Pembelajaran CTL: Menulis Pantun.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Apr 2016 03:01
Last Modified: 21 Apr 2016 03:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1878

Actions (login required)

View Item
View Item