PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2015/2016

Purba, Yemima (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 20 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1._NIM. 4123121085_COVER.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2._NIM. 4123121085_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3._NIM. 4123121085_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4._NIM. 4123121085_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5._NIM. 4123121085_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6._NIM. 4123121085_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7._NIM. 4123121085_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8._NIM. 4123121085_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9._NIM. 4123121085_BAB I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13._NIM. 4123121085_BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14._NIM.4123121085_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 20 Medan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster random sampling) dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas, yaitu kelas XI MS-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI MS-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay dengan jumlah 10 soal serta aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi aktivitas. Penilaian sikap serta keterampilan siswa juga menggunakan lembar pedoman observasi sikap dan keterampilan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol. Aktivitas siswa serta sikap dan keterampilan siswa dikelas eksperimen lebih baik dibandingkan pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 20 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimatupang, Sehat195812301981031003
Call Number: SK-2016 FIS 090
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Aktivitas; Sikap; Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 09:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9796

Actions (login required)

View Item View Item