PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Manik, Febrianto (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.4123131033 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.4123131033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.4123131033 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM.4123131033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.4123131033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.4123131033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.4123131033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.4123131033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM.4123131033 BAB I.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.4123131033 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.4123131033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning dengan media komputer untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa SMA Kelas XI IPA pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1 Simanindo T.A 2015/206 dengan jumlah 116 siswa. Sampel diambil dengan teknik modifikasi cluster random sampling yaitu 29 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (hasil belajar) dan non-tes (observasi karakter kreativitas siswa) yang telah distandarisasi. Kelas eksperimen dibelajarkan mengunakan model Problem Based Learning dengan media komputer sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan (  0,05) dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; Adanya korelasi antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar 0,449.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: SK-2016 KIM 091
Keywords: Problem Based Learning; Media Komputer; Hasil Belajar, Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 04:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9700

Actions (login required)

View Item View Item