OPTIMALISASIPEMBELAJARAN LARI ESTAFET 4 X 40 METER DENGAN STRATEGI PEMBELAJARANKOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUNAJARAN 2012/2013

Harianja, Jevrirudy Anto (2013) OPTIMALISASIPEMBELAJARAN LARI ESTAFET 4 X 40 METER DENGAN STRATEGI PEMBELAJARANKOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUNAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608310108 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 ABSTARAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608310108 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran lari estafet 4 x40 meter dengan strategi pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII di SMPNegeri 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian iniadalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 1 Pantai Cermin tahun ajaran 2012/1013yang berjumlah 32 siswa. 8 siswa dan 24 siswi. Pengambilan sampel dengantehnik sampling purposive atau pertimbangan tertentu yaitu kurang maksimalnyapengetahuan siswa dalam proses pelaksanaan lari estafet pada kelas VIII 2.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas(classroom action reserch) dengan memberikan perlakukan belajar kelompok danpermainan dilakukan dengan 2 siklus selama 2 minggu. Instrumen penelitianuntuk mengumpulkan data dilakukan dalam bentuk portopolio melalui proses.Untuk melihat kemaksimalan hasil belajar lari estafet 4 x 40 meter melalui strategipembelajaran kooperatif dengan kriteri ketuntasan minimal (KKM) 72 serta nilaiprsentase ketuntasan kalisikal 85%.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasilanalisisnya Dari tes awal diperoleh 20 siswa (62,5%) tuntas, dan 12 orang siswa(13,5%) belum tuntas belajar dengan rata-rata nilai 76,38. Dari tes hasil belajarsiklus I diperoleh 24 siswa (75%) tuntas, dan 8 siswa (25%) belum tuntas, denganrata-rata nilai 79,38. Dari tes siklus II diperoleh 32 siswa (100%) telah tuntas,dengan rata-rata nilai 83,32. Dapat disimpulkan adanya peningkatan nilai rata-ratadan persentase secara kasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 3,94 sekitar (25%)dengan ketuntasan secara kasikal (100%) tuntas. Berdasarkan analisis data bahwastrategi pembelajaran kooperatif dapat mengoptimalkan pembelajaran lari estafet4 x 40 meter pada siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 1 Pantai Cermin TahunAjaran 2012/2013.i

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMulyadi, 19560431984031001
Call Number: 796.427 Har o
Keywords: Atletik; Lari Estafet; Start Pada Lari Estafet; Pemberian Tongkat; Pergantian; Lari Estafet Nonvisual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item